Anak kost? Yuk Ikuti Caranya untuk Berhemat

berhemat ala anak kost

Ngekost identik dengan “berhemat”. Tapi tak jarang juga anak kost yang susah berhemat. Akibatnya biaya yang dikeluarkan menjadi tak terkontrol yang mengakibatkan uang menjadi terbuang sia- sia. Gaji dan uang saku Anda akan habis untuk hal yang sebenarnya kurang bermanfaat. 

Menjadi anak kost memang susah- susah gampang. Karena ngekos identik dengan “hemat” dan “murah”, maka perlu management keuangan yang terperinci agar kita mampu bertahan hidup di kota lain. 

Anak kost ada dua macam yaitu anak kost yang bekerja dan anak kost yang sekolah.Anak kost biasanya berasal dari daerah atau kota lain, dimana karena tuntutan kerja atau sekolah sehingga tidak bisa menempuh jarak pulang dengan waktu yang efisien sehingga memutuskan untuk kost.

Sebagai anak kost yang bekerja pengelolaan keuangan sangat penting. Pasti tujuan bekerja adalah ingin menabung dan meningkatkan status sosial. Namun tak sedikit anak kost di kota- kota besar menjadi konsumtif dan suka membelanjakan uang untuk hal yang kurang bermanfaat, akibatnya tidak bisa mengirim uang kepada keluarga dirumah, telat membayar kost, membayar cicilan kendaraan dan sebagainya. Lingkungan juga sangat berpengaruh ketika misal teman kerja kita adalah orang- orang yang suka shoping secara tidak langsung kita akan terbawa dengan gaya hidup mereka.

Untuk anak kost yang sekolah pengelolaan uang juga sangat penting untuk dilakukan, apalagi biaya masih ditanggung keluarga. Uang yang dikirim oleh keluarga dirumah umumnya jumlahnya terbatas sehingga jika kita tidak pandai- pandai mengatur keuangan uang tersebut akan habis tak bersisa. 

Berikut adalah beberapa tips berhemat ala anak kost yang bisa Anda coba:

1. Memasak sendiri

Dengan memasak sendiri kita akan lebih berhemat karena masakan yang kita masak dapat dimakan untuk sehari dan lebih murah dibandingkan harus selalu beli diluar setiap akan makan.

berhemat ala anak kost

2. Belanja bulanan yang harganya terjangkau

Tidak usah gengsi jika tidak belanja di mall atau supermarket. Belanja di pasar atau toko terdekat tak kalah bagus kualitasnya jika Anda pandai memilih. Banyak barang dengan merk dan kualitas yang sama namun yang dijual di supermarket lebih mahal daripada si toko. 

3. Menahan diri untuk tidak suka bermain

Misalnya adalah main di cafe dan restoran. Zaman sekarang ini cafe menjamur dimana- mana. Cafe bukan hanya tempat untuk makan dan ngobrol, namun banyak pemuda jaman sekarang yang hobi untuk berfoto ria, sehingga banyak cafe yang didesain unik agar menarik kawula muda dan kaum milenial. Harga yang ditawarkan pun biasanya lumayan mahal.

4. Mencuci pakaian sendiri

Dengan banyaknya fasilitas tempat laundry maka seringkali kita malas untuk mencuci pakaian sendiri. Padahal uang yang kita keluarkan untuk laundry dapat kita gunakan untuk keperluan lain yang lebih penting. Lebih baik mencuci baju setiap hari sehingga cucian tidak menumpuk. Jika cucian sudah menumpuk tentu kita malas akan mencuci, apalagi jika sedang mengerjakan tugas sekolah atau pekerjaan kantor. 

Beberapa tips diatas dapat Anda lakukan supaya keuangan lebih terkontrol. Karena ketika menjadi anak kost kita memang harus hidup mandiri. Mungkin untuk awal akan terasa sulit karena belum terbiasa, namun lama kelamaan akan terbiasa, karena ketika memutuskan untuk kost kita juga harus dapat mengatur semuanya sendiri, termasuk pengelolaan keuangan pribadi. Jadilah anak kost yang cerdas dan mampu mengelola keuangan dengan baik sehingga ngekost pun terasa menyenangkan layaknya dirumah sendiri.