Pengangguran Ayo Masuk! Susahnya Mencari Kerja dan Cara Mengelola Keuangan bagi Pengangguran 

Pengangguran Ayo Masuk! Susahnya Mencari Kerja dan Cara Mengelola Keuangan bagi Pengangguran 

Jaman sekarang mencari pekerjaan terasa lebih sulit. Apalagi kondisi setelah pandemi ini. Disamping karena kurangnya lapangan pekerjaan, persaingan antara pencari kerja sangat ketat. Hal tersebut sangat berdampak pada kehidupan pengangguran terutama faktor keuangan. 

Mencari kerja bukanlah hal yang mudah lagi seperti jaman dulu. Dulu orang yang bisa sekolah sampai jenjang pendidikan yang tinggi masih sedikit, berbeda dengan sekarang ketika semua bisa sekolah tinggi, kaya miskin semua sama kedudukannya. Apalagi ketika pemerintah mengeluarkan program Bidikmisi dan beasiswa lainnya. 

Hal ini memang baik untuk mengurangi kesenjangan sosial dan membangun kesetaraan serta memberi kesempatan masyarakat yang kurang mampu agar dapat hidup lebih baik di masa mendatang. Namun hal tersebut juga berdampak negatif pada kehidupan masyarakat. 

Ketika semua bisa mendapatkan pendidikan yang tinggi namun tidak disertai dengan bertambahnya lapangan kerja. Persaingan antara pencari kerja sangat ketat. Selain itu di Indonesia sangat mementingkan nilai ijazah dibandingkan skill yang dimiliki orang tersebut. Padahal belum tentu nilai tersebut murni hasil jerih payahnya. 

Bagi para pencari kerja juga sering terhalang mendapatkan pekerjaan karena faktor orang dalam. Dimana sekarang nilai sekolah yang tinggi atau pengalaman kerja yang banyak akan kalah dengan mereka yang dibawa oleh orang dalam perusahaan tersebut. Miris sekali bukan? 

Kesulitan mencari pekerjaan bertambah akibat wabah Covid19. Dimana pengurangan kerja dan PHK dimana-mana. Banyak juga pedagangtips dan pengusaha yang gulung tikar karena tidak laku. 

tips mengatur keuangan

Dengan susahnya mencari pekerjaan maka pengangguran menjamur dimana-mana. Untuk menghadapi situasi sulit seperti itu maka kita dituntut untuk kreatif dalam berpikir supaya dapat membuka usaha sendiri. 

Karena entah apa penyebab penganggurannya, menjadi seorang pengangguran itu tidak enak sekali, apalagi jika Anda terbiasa bekerja keras. Menjadi pengangguran sangat membuat beban pikiran, yang biasanya mendapat gaji perbulan sekarang tidak. Kondisi keuangan juga sulit. 

Berikut ini adalah beberapa tips mengatur keuangan selama menjadi pengangguran:

  1. Prioritaskan yang harus dibeli dan jangan boros untuk membeli barang yang sekiranya tidak terlalu diperlukan. 
  2. Mengganti menu makan juga perlu dilakukan, jika biasanya Anda makan di restoran atau makan dengan menu seperti ayam, ikan salmon, daging, bisa diganti dengan menu seperti tempe, tahu, sayuran dan menu makanan lain yang harganya terjangkau.
  3. Tetap menyiapkan dana cadangan, berapapun uang yang kita miliki sisihkan, karena kita tidak pernah tahu ada kebutuhan mendadak apa di depan. 
  4. Melupakan keinginan. Karena pada dasarnya keinginan adalah hal yang tidak terlalu dibutuhkan. Hal ini memang sulit apalagi jika kita terbiasa mendapatkan dan bisa membeli yang kita inginkan. Godaan pasti sangat besar, namun coba pikirkanlah jika uang anda habis dan tiba- tiba ada kebutuhan penting yang harus dibeli, tentu akan bingung bukan?
  5. Bekerja Part Time atau paruh waktu sangat lumayan untuk menambah penghasilan. Selain menambah penghasilan juga sebagai kegiatan untuk kita sehingga tidak terlalu stress dengan memikirkan pekerjaan yang sedang sulit didapatkan. Jangan gengsi dengan bekerja paruh waktu, selagi halal maka lakukanlah. 

Beberapa hal diatas adalah tips mengatur keuangan selama menjadi pengangguran. Yang terpenting adalah kita tidak boleh menyerah dengan keadaan. Selalu semangat dan pantang menyerah, pasti ada jalan keluar. Jika hanya nganggur dan tidak mau berusaha maka akan terjebak selamanya dalam kesulitan tersebut. Tapi jika kita mau terus berusaha pasti kita bisa dapatkan jalan menuju kesuksesan. 


Leave a Reply

Your email address will not be published.