Mengatur Keuangan Dalam Kehidupan Rumah Tangga untuk Keluarga Harmonis Sejahtera 

keuangan keluargaa

Ketika memutuskan untuk berumah tangga kita tentunya sudah harus mempertimbangkan semua hal yang berhubungan dengan kebutuhan rumah tangga. Tapi kita tidak pernah tahu akan kebutuhan mendadak yang akan terjadi di kemudian hari. Maka dari itu mengatur keuangan rumah tangga sangat penting untuk dilakukan.

Untuk Anda yang sudah berkeluarga pasti tau situasi ini. Membayar tagihan listrik, air, hingga biaya uang bulanan. Belum lagi jika Anda sudah memiliki anak. Biaya untuk keperluan anak seperti susu, pampers, peralatan mandi, dan lain sebagainya harus tercukupi karena hal tersebut wajib saat memiliki anak. 

Belum lagi jika anak sudah sekolah, biaya akan terus bertambah sesuai dengan jenjang pendidikan. Jika Anda seorang kepala keluarga dan istri Anda seorang ibu rumah tangga yang tidak berpenghasilan, bisa Anda bayangkan repotnya seperti apa?

Dengan kebutuhan yang semakin meningkat tentu kita perlu usaha keras demi mencukupi semua hal itu. Selain kerja keras kita juga harus pintar- pintar memanage keuangan. Mengelola keuangan merupakan hal yang susah- susah gampang. Perlu kesabaran dan mengendalikan napsu supaya kondisi keuangan tidak memburuk. 

Tips mengatur keuangan keluarga

Seperti yang banyak dikatakan orang, semakin tinggi penghasilan kita maka pengeluaran kita pun semakin banyak, karena gaya hidup kita otomatis akan berubah. Jadi bukan seberapa banyak penghasilan kita tapi bagaimana kita dapat menyisihkan pendapatan untuk ditabung. Seberapapun pendapatan kita, meskipun misal kecil, jika kita mampu menyisihkan pasti suatu hari akan bertambah banyak. 

keuangan keluargaa

Beberapa tips untuk mengatur keuangan dalam kehidupan rumah tangga antara lain:

  1. Selalu mencatat hasil belanja dan pengeluaran bulanan, dengan begitu kita dapat mengontrol besarnya pengeluaran per bulan dan mengurangi pengeluaran yang kurang bermanfaat. 
  2. Bekerjasama dan terbuka masalah keuangan kepada anggota keluarga lain, jika Anda sudah berhemat namun misal anak Anda boros itu sama saja, apalagi jika anak masih minta kepada orang tua. Bicarakan kepada anggota keluarga lain agar satu jalur sehingga plan berjalan dengan lancar. 
  3. Sisihkan pendapatan Anda untuk ditabung,  berapapun pendapatan Anda dan pasangan sisihkan untuk tabungan masa depan keluarga. Anda juga dapat menginvestasikan beberapa tabungan untuk keperluan di masa mendatang seperti membeli tanah, rumah dan lain sebagainya.
  4. Siapkan dana darurat. Berbeda dengan tabungan, Anda juga perlu menyisihkan beberapa penghasilan Anda untuk kebutuhan yang bersifat darurat. Keperluan darurat adalah keperluan yang mendadak dan tidak dapat diprediksi, misalnya sakit, kecelakaan dan lain sebagainya. Pisahkan dengan dana tabungan, karena dana tabungan akan dipakai untuk jauh hari, sedangkan dana darurat adalah yang tiba- tiba dibutuhkan.
  5. Hindari dari hutang, jika terpaksanya harus hutang maka janganlah mengambil hutang dalam jumlah yang besar. Hutang dalam jumlah yang wajar dan sesuai dengan kemampuan diri sendiri. Jangan sampai Anda jadi keteteran dan stress karena hutang yang tersebar dimana- mana. 

Hal diatas adalah beberapa tips untuk mengatur keuangan Anda dalam kehidupan rumah tangga. Bicarakan dan terbukalah dengan anggota keluarga yang lain agar kerja sama untuk mencapai cita- cita keluarga dapat berjalan dengan lancar. 

Bagaimanapun keluarga adalah satu kesatuan dimana semua anggotanya berperan penting dalam misi kesejahteraan keluarga, dan jadilah keluarga yang harmonis dengan masa depan yang cerah tanpa khawatir masalah keuangan yang mengganggu. Be smart, be a happy family!