Tips Mengatur Cash Flow Agar Keuangan Bulanan Tetap Sehat

Tips Mengatur Cash Flow Agar Keuangan Bulanan Tetap Sehat

Anda pasti menyadari bahwa dalam kehidupan sudah pasti harus mengatur keuangan. Meski banyak yang mengatakan jika uang bukan segalanya, tapi sayangnya sekarang ini semuanya butuh uang. Maka daripada itu, mengatur cash flow pun jadi sangat penting sekali agar keuangan per bulan tetap dalam keadaan sehat. 

Istilah cash flow mungkin kerap didengar dalam dunia bisnis, tapi kenyataannya dalam kehidupan sehari–hari pun juga harus memperhatikannya. Cash flow atau bisa disebut juga dengan arus kas adalah laporan keuangan pemasukan dan pengeluaran dalam kurun waktu tertentu. 

Dengan mengatur cash flow, Anda akan mengetahui dengan detail akan pemasukan dan pengeluaran. Sehingga Anda bisa melakukan evaluasi, dimana saja pengeluaran yang tidak diperlukan. Kemudian juga dapat mengetahui apakah pendapatan sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan atau belum. 

Pentingnya cash flow dalam kehidupan sehari–hari, maka sudah pasti Anda pun akan lebih tenang dan termotivasi untuk terus bekerja keras. Lalu bagaimana tips untuk mengatur cash flow? Yuk, simak ulasannya di bawah ini. 

Tips Untuk Mengatur Cash Flow agar Keuangan Tetap Sehat 

Sepertinya yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa cash flow sendiri sangatlah penting bagi Anda agar situasi keuangan tetap aman. Untuk memudahkan Anda mengatur cash flow, maka berikut ini adalah tipsnya: 

Catat anggaran 

Tips pertama yang harus Anda perhatikan adalah dengan mencatat anggaran dalam satu bulan. Hal yang harus Anda catat sendiri adalah pembayaran pokok yang tidak bisa dihindari. Contohnya adalah anggaran untuk makan, transportasi, listrik, PDAM dan lain sebagainya. Dimana memang biaya tersebut sudah tidak dapat dihindari lagi. 

Dengan adanya anggaran yang jelas ini, maka setidaknya Anda dapat mengetahui berapa dana yang akan dibutuhkan. Sehingga Anda bisa melihat apakah pendapatan dan pengeluaran sudah sudah seimbang atau ada yang harus diperbaiki. 

Buatlah sebuah laporan keuangan 

Laporan keuangan bukan hanya untuk urusan bisnis saja, tapi dalam kehidupan sehari–hari pun Anda harus membuatnya. Laporan keuangan ini sendiri nantinya akan sangat membantu Anda untuk memantau keuangan baik yang masuk dan keluar. Dalam laporan keuangan ini pun, Anda harus mencatat dengan detail. 

Apabila Anda mendapatkan penghasilan perbulan, maka Anda harus fokus pada pengeluaran. Dalam sehari, berapa uang yang telah Anda keluarkan? Misalnya uang untuk makan siang, kopi dan lain sebagainya. Bahkan untuk pengeluaran yang sekiranya mendadak pun juga harus di catat dengan detail. 

Dari laporan keuangan yang telah Anda buat ini, maka Anda bisa mendapatkan data yang akurat apakah pengeluaran lebih besar dari pendapatan atau sebaliknya. Sehingga Anda bisa menilai apakah keuangan dalam sebulan dalam keadaan sehat atau tidak. 

Lakukan evaluasi 

Agar cash flow dapat lebih teratur, maka Anda pun harus melakukan evaluasi. Dari catatan laporan keuangan yang sudah dibuat sebelumnya, maka Anda akan menemukan pengeluaran yang sebenarnya tidak diperlukan. Dimana ini bisa menjadi bahan evaluasi agar bulan selanjutnya pengeluaran tersebut tidak akan dilakukan lagi. 

Dengan adanya evaluasi ini, maka Anda pun akan mendapatkan banyak sekali manfaat. Salah satunya dapat menahan diri agar tidak membelanjakan uang dengan sembarangan. Sehingga cash flow pun bisa Anda jaga dengan baik. 

Mencari penghasilan tambahan

Tips selanjutnya agar cash flow tetap dalam keadaan seimbang adalah dengan mencari penghasilan tambahan. Apabila memang Anda merasa bahwa pendapatan yang telah diperoleh selama ini kurang, maka mencari penghasilan tambahan adalah solusi yang tepat. Anda pun bisa melakukan beberapa cara, misalnya adalah dengan membuka usaha kecil–kecilan di rumah atau bisnis online. 

Tips Mengatur Cash Flow Agar Keuangan Bulanan Tetap Sehat

Pisahkan pendapatan

Apabila Anda adalah seorang pekerja yang mendapatkan penghasilan per bulan, maka untuk mengatur cash flow adalah dengan memisahkan pendapatan terlebih dahulu. Misalnya adalah dengan memisahkan biaya tagihan dan biaya makan. Dengan begini, Anda akan bisa lebih mudah mengatur arus kas bulanan. 

Dengan cara ini juga, Anda bisa menabung dan memiliki dana darurat yang nantinya akan sangat berguna di masa depan. Sehingga keuangan pun akan aman dalam waktu jangka panjang. Anda juga akan merasa lebih tenang karena semua keuangan sudah diatur dengan sangat baik. 

Dahulukan kebutuhan 

Terkadang kita tidak sadar bahwa apa yang kita beli adalah keinginan dan bukan kebutuhan. Dimana hal ini tentu saja harus Anda koreksi. Karena ketika Anda menuruti keinginan, maka sudah dapat dipastikan bahwa Anda tidak akan bisa memenuhi kebutuhan pokok. Sehingga Anda harus tahu mana yang memang hanya sekedar keinginan dan mana yang benar–benar kebutuhan. 

Demikianlah tips untuk mengatur cash flow agar keuangan bulanan tetap sehat. Dengan mengelola cash flow yang baik, setidaknya Anda tidak akan mengalami masalah finansial yang terkadang bisa dialami siapa saja. 


Leave a Reply

Your email address will not be published.