Pilihan Investasi Saham untuk Pengemudi Ojol

Pilihan Investasi Saham untuk Pengemudi Ojol

Apakah Anda salah satu driver Ojol? Pernahkah terpikir untuk memiliki investasi saham sendiri? Jika belum, lebih baik mempertimbangkan dari sekarang. Perlu Anda tahu bahwa investasi saham saat ini sangat menarik sekali. Dengan keuntungan yang bisa didapatkan di masa depan, tidak ada salahnya Anda mencoba. 

Investasi saham pun tidak melulu untuk orang yang memiliki harta banyak. Ojol pun dapat memilikinya jika memang bisa memilih investasi saham yang tepat. Karena dengan berinvestasi, setidaknya ojol bisa memiliki tabungan di masa depan dan bisa mendapatkan kehidupan yang lebih baik lagi. 

Nah, menariknya sekarang ini sudah ada yang namanya saham Gotong Royong. Dimana saham yang satu ini sendiri milik dari GoTo atau Gojek Tokopedia. Tentu saja pertama kali saham ini diumumkan mampu menarik perhatian dari banyak masyarakat. Dengan adanya saham Gotong Royong, maka siapapun dapat memilikinya. 

Driver Gojek Dapat Saham Gratis 

Dengan adanya program saham gotong royong dari GoTo ini, maka ada beberapa pihak yang memperoleh keuntungan, yaitu para Ojol. GoTo mengumumkan bahwa ada 600 ribu driver yang mendapatkan saham secara gratis. Dimana ini adalah bagian dari apresiasi dari GoTo terhadap driver yang senantiasa menenami hingga menjadi sekarang. 

Adapun kriteria penerima saham gotong royong ini dan telah ditetapkan oleh GoTo, yaitu sebagai berikut: 

  • Layanan ini hanya akan diberikan kepada pengemudi. 
  • Lamanya pengemudi bergabung bersama dengan perusahaan. 
  • Tingkat keaktifan pengemudi menjelang IPO
  • Status dari kemitraan pengemudi yang nantinya akan diumumkan sekitar tanggal pengumuman. 

Apabila memang kriteria yang sudah dipenuhi dan sesuai, maka driver pun bisa mendapatkan saham gotong royong secara cuma–cuma. 

Namun, dalam saham gotong royong ini sendiri terdapat sistem lock up. Dimana ini memang berlaku untuk saham IPO dari GoTo. Dimana pemegang saham tidak diizinkan untuk menjual saham dalam kurun waktu yang sudah ditentukan. 

GoTo menyebutkan dalam prospektus bahwa setiap pemegang saham dari seri A misalnya seperti driver, konsumen, pedagang serta publik tidak boleh menjual atau mengalihkan sahamnya dalam waktu 8 bulan semenjak efektif dari pendaftaran. Walau sebagian pun tidak diperbolehkan dialihkan sebelum kurun waktu yang sudah disebutkan. 

Namun, untuk saham GoTo dari seri B yang merupakan pemegang saham utama atau terbesar, wajib mengikuti aturan lock up ini setidaknya dua tahun semenjak pendaftaran efektif. Apabila sudah sampai waktu yang telah ditentukan, maka pemegang saham diizinkan untuk menjual saham GoTo yang dimiliki. 

Pada aturan ini sendiri pun harus diperhatikan dengan benar, karena jika Anda tidak mengikutinya bisa jadi akan ada masalah kedepannya, salah satunya adalah mendapatkan tuntutan atau saham akan dicabut. 

Pilihan Investasi Saham untuk Pengemudi Ojol

Cara Membeli Saham GoTo 

Bagi Anda yang ingin membeli saham GoTo ini sendiri tidaklah sulit. Untuk para driver bisa menggunakan aplikasi yang berkaitan dengan GoTo atau bisa juga melalui perusahaan sekuritas lain, yaitu IPOT atau Indo Premier Online Trading. Dimana caranya adalah sebagai berikut: 

  • Downloadnya terlebih dahulu aplikasi IPOT 
  • Kemudian, Anda bisa registrasi dengan mengisi data sesuai dengan yang diminta. 
  • Apabila sudah berhasil dan sudah verifikasi, maka Anda bisa membuka aplikasi IPOT. 
  • Lalu, pilihlah e-IPO. 
  • Selanjutnya, Anda bisa memilih saham GoTo. 
  • Apabila sudah, maka selanjutnya Anda bisa klik order. 
  • Kemudian masukkan harga dan jumlah Lot yang ingin dibeli. 
  • Nantinya akan muncul tab syarat dan ketentuan, dimana Anda bisa tinggal centang setuju. 
  • Anda pun juga harus menyetujui akan Persetujuan Penyesuaian Harga. 
  • Jika sudah, maka Anda hanya perlu klik saja atau Swipe. 
  • Tunggu beberapa saat hingga ada keterangan Order Berhasil.
  • Seperti yang sudah dijelaskan, pastikan bahwa kamu telah memahami Prospektus GoTo. 
  • Lalu, bukalah menu My Order untuk mengetahui akan detail pembelian atau pesanan. 
  • Apabila pada saat periode penawaran awal saham belum bisa dipesan atau pesan ditolak, maka Anda dapat mencoba lagi pada saat periode penawaran umum. 

Dengan cara tersebut, maka Anda dapat memilih saham GoTo yang bisa jadi tabungan masa depan. Namun, tetap saja ketika Anda sudah memutuskan untuk terjun dalam dunia investasi saham, harus memahami tentang saham itu sendiri. Karena pada kenyataannya sekarang ini saham IPO dari GoTo masih terbilang belum stabil. Sehingga Anda pun harus benar–benar memperhatikan pergerakan angkanya. 

Demikianlah penjelasan akan investasi saham yang diperuntukan pengemudi ojol. Dimana driver pun mempunyai pilihan untuk membeli saham lain. Karena sekarang ini sudah ada banyak sekali saham yang dijual bebas dan bisa dibeli oleh publik. Kehadiran GoTo dalam Bursa Efek Indonesia ini sendiri tentu saja memberikan angin segar terhadap ekonomi rakyat. Karena mereka memiliki kesempatan untuk memiliki penghasilan dari keuntungan yang diperoleh oleh GoTo.