Beberapa Metode Pencatatan Keuangan yang Bisa Kamu Terapkan dengan Mudah

Beberapa Metode Pencatatan Keuangan yang Bisa Kamu Terapkan dengan Mudah

Anda tentunya telah mengetahui berbagai macam manfaat jika menerapkan metode pencatatan keuangan. Nah, untuk bisa memulainya, Anda dapat menerapkan tips pencatatan pengeluaran yang akan dijelaskan secara rinci pada artikel kali ini.

Jika menerapkan metode tersebut, proses pencatatan pengeluaran Anda dapat lebih mudah dan sangat gampang untuk dikontrol.

Lantas, apa hal-hal yang dapat Anda lakukan? Ulasan dibawah ini akan menjelaskan hal-hal terkait cara melakukan pencatatan pengeluaran supaya arus kas Anda menjadi lebih sehat dan lancar.

1.       Merancang budget dahulu

Untuk tips yang pertama yang perlu Anda lakukan sebelum melakukan pencatatn pengeluaran yakni menetapkan budget dulu. Anda dapat memakai berbagai macam pilihan terkait sistem pengatur keuangan, misalnya konsep 50-30-20, amplop serta konsep lainnya. Kemudian catatan pengeluaran Anda akan dibandingkan oleh budget yang sudah dibuat supaya tidak berlebih dan bisa disesuaikan.

2.       Buat kategori pengeluaran

Membuat kategori pengeluaran juga termasuk tips dalam mencatat pengeluaran atau keuangan.  Untuk metode pencatatan pengeluaran berikutnya yakni menciptakan sub kategori atau kategori. Kadang kategori tersebut dibuat lewat budget. Contohnya, biaya berbagi, biaya untuk menabung, biaya untuk kehidupan sehari-hari dan lain sebagainya.

Nah, supaya lebih spesifik lagi, Anda dapat mengerucutkan semua biaya yang ada dengan lebih rinci lagi. Misalnya, Anda bisa membagi lagi beberapa biaya hidup berupa biaya makan, biaya sewa rumah, biaya transportasi serta biaya-biaya lain yang ada didalamnya.

Anda juga dapat membagi biaya tersebut menjadi biaya yang memang Anda keluarkan sesuai penting atau tidak perbelanjaan yang dilakukan.

3.       Meluangkan waktu setiap harinya

Sesudah Anda merancang budget serta kategori, selanjutnya Anda perlu mencatat semua pengeluaran Anda. Sambil mencatatnya, jangan sampai lupa untuk Anda selalu memantau pergerakan uang dan berapa sisa uang yang Anda miliki yang akan digunakan untuk belanja di kategori tertentu.

Maka selalu luangkan waktu Anda untuk melakukan pencatatan, entah itu sesudah Anda melakukan berbagai transaksi baik siang, sore atau saat menjelang tidur di malam hari. Melihat beberapa kasus, banyak orang yang menyepelekan hal ini. Padahal waktu yang diluangkan pun tidak banyak dan waktunya pun cenderung fleksibel dan bisa menyesuaikan kapan orang tersebut memiliki waktu senggang dan melakukan pencatatan segera.

Sebagai tips terbaik, Anda juga dapat memprioritaskan mencatat bentuk pengeluaran yang sudah pasti terlebih dahulu. Contohnya, biaya untuk membayar sewa rumah atau pembelian paket atau pulsa HP atau berbagai keperluan lainnya yang sekiranya wajib untuk diutamakan.

Beberapa Metode Pencatatan Keuangan yang Bisa Kamu Terapkan dengan Mudah

4.       Memanfaatkan informasi kartu kredit atau rekening koran

Sejatinya tidak seluruh orang mampu mengingat pengeluaran yang terjadi setiap harinya. Nah, untuk tips pencatatan pengeluaran berikutnya berhubungan dengan hal tersebut. Jika Anda memang mudah sekali lupa, manfaatkanlah informasi kartu kredit atau rekening koran milik Anda. Dimana sebuah kartu kredit memiliki riwayat transaksi baik uang masuk atau uang yang keluar. Dengan begitu riwayat tersebut bisa menjadi pendoman atau informasi tambahan untuk Anda melakukan pencatatan keuangan.

Kapan Anda melakukan berbagai transaksi, untuk apa dana tersebut digunakan dan berapa biayanya? Dengan memeriksa kembali transaksi dari kartu tersebut, Anda tentu dapat menjawabnya lebih mudah, apalagi semua transaksi yang dilakukan memang Anda yang menjalankan.

5.       Pilihlah tools menggunakan bantuan aplikasi atau catatan sederhana

Di era yang serba canggih seperti sekarang ini, tidak semua orang merasa nyaman membawa-bawa catatan kemana-mana. Apakah Anda merupakan salah satu dari tipe orang tersebut? Anda dapat memanfaatkan berbagai macam aplikasi keuangan yang bisa diunduh melalui smartphone sebagai metode pencatatan keuangan.

Seperti contoh aplikasi yang sering digunakan banyak orang yakni spreadsheet dan jenis aplikasi lainnya yang mempunyai manfaat serupa. Jika Anda memang tipe orang yang nyaman mencatat atau menulis catatan di sebuah buku tulis, tentu pilihan Anda tersebut bukan suatu masalah, karena yang terpenting Anda nyaman dan tidak memberatkan diri Anda sendiri.

6.       Selalu Mengevaluasi pengeluaran

Jika Anda sudah selesai melakukan dan menerapkan seluruh tips yang ada, jangan lupa tujuan utama Anda dari mencatat semua pengeluaran yang ada arus kas bisa dengan mudah terkontrol. Tujuan utamanya yaitu supaya dapat menciptakan kesehatan finansial yang diinginkan.

Dengan mengevaluasi pengeluaran, Anda bisa memantau serta membandingkan budget yang Anda keluarkan berdasarkan alokasi budget yang sudah Anda rancang sebelumnya. Dengan begitu, Anda dapat mencegah aktivitas berbelanja yang berlebih yang pastinya tidak sesuai oleh rencana keuangan yang sudah direncanakan sebelumnya.

Demikianlah beberapa macam tips yang dapat Anda terapkan untuk pencatatan keuangan milik Anda sendiri. Dengan selalu memperhatikan kemana budget keluar secara rutin, Bila sudah dilakukan dengan tepat, kesehatan finansial serta arus kas bisa selalu terjaga dan aman dari berbagai macam masalah yang tak terlihat.


Leave a Reply

Your email address will not be published.