5 Siasat Jitu Biar Mahasiswa Perantau Nggak Boros Duit Bulanan

5 Siasat Jitu Biar Mahasiswa Perantau Nggak Boros Duit Bulanan

Apakah Anda seorang mahasiswa perantau di salah satu perguruan tinggi?

Mahasiswa perantau sangat identik dengan hidup mandiri dan melakukan apapun sendiri. Mulai dari makan sendiri, bangun tidur sendiri dan segala macam aktivitas yang merupakan kewajibannya harus mahasiswa itu urus sendiri.

Menjadi mahasiswa perantau memang sangat dituntut untuk menjadi pribadi yang mandiri. Sebab, mahasiswa perantau akan tinggal sendirian dan jika tidak memiliki rumah di daerah kampus kebanyakan mahasiswa akan memilih untuk menyewa rumah atau kos untuk tempat tinggal sementara. Sedangkan orang tua di rumah atau di kampung halamannya dan tinggal terpisah dengan anaknya untuk sementara waktu.

Baik mahasiswa perantau yang sedang bekerja atau sudah memiliki penghasilan setiap bulan maupun mahasiswa perantau yang memang belum memiliki penghasilan dan belum bekerja, biasanya akan mendapatkan uang saku dari orang tua di rumah atau bahkan mahasiswa perantau yang memiliki tunjangan beasiswa dan masih banyak contoh yang lainnya.

Tentu saja dari manapun sumber dana yang dimiliki mahasiswa perantau akan sama saja bahwa mereka akan sama-sama mandiri dan tentunya menghemat uang supaya tidak boros dan segala macam kebutuhan pribadi untuk kebutuhan pokok sehari-hari tercukupi.

Namun, untuk beberapa alasan memang mahasiswa tidak hanya mengatur uang untuk memenuhi kebutuhan pokok saja, tetapi terkadang ada pengeluaran yang tidak terduga. Sebagai contoh, uang untuk print tugas dan fotocopy beberapa catatan penting, kemudian ada pengeluaran tidak terduga seperti memerlukan beberapa buku panduan teori dan materi untuk pembelajaran di bangku perkuliahan. Selain hal-hal yang sudah disebutkan, kebutuhan mendadak lainnya juga bisa terjadi saat seorang mahasiswa sudah mengikuti organisasi dalam kampus dan organisasi diluar kampus yang pada umumnya membutuhkan biaya untuk beberapa keperluan dalam organisasi.

Mahasiswa perantau yang harus menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan semuanya harus serba mandiri sangat merasakan hal penting untuk tidak boros. Maka dari itu, di bawah ini merupakan beberapa siasat jitu yang bisa Anda para mahasiswa perantau ikuti supaya jatah uang bulanan tidak boros, simak yuk!

5 Siasat Jitu Biar Mahasiswa Perantau Nggak Boros Duit Bulanan

Mencatat Semua Pemasukan dan Pengeluaran

Pertama, lakukanlah pencatatan untuk semua pemasukan serta pengeluaran uang yang Anda lakukan dalam satu bulan untuk setiap harinya. Hal itu akan cukup membantu Anda dalam menghemat biaya bulanan. 

Selain itu, Anda akan tahu segala rincian dari semua pemasukan dan pengeluaran setiap hari atau setiap bulannya dengan semua uang yang Anda miliki. 

Jika suatu saat mendapati catatan pengeluaran Anda jauh maka, perlu Anda perhatikan dan atur ulang bagaimana cara memanajemen uang bulanan supaya tidak boros dan kembali seperti semula.

Hindari Aktivitas Santai dengan Teman di Kafe atau di Luar yang Berlebihan

Kedua, sebaiknya Anda harus pandai menghindari aktivitas kumpul-kumpul atau nongkrong di kafe atau di luar yang berlebihan atau terlalu sering. Hal itu hanya akan menguras isi dompet Anda, aktivitas kumpul dengan teman dalam waktu yang keseringan sama juga akan menghambat aktivitas belajar dan tugas di bangku kuliah dari dosen-dosen hanya akan menumpuk tidak tersentuh sama sekali.

Anda bisa melakukan siasat itu dengan cara nongkrong atau kumpul-kumpul dengan teman kuliah minimal satu bulan sekali atau tiga kali saja.

Hindari Belanja secara Berlebihan

Ketiga, kebiasaan berbelanja secara impulsif dan secara berlebihan hanya akan merugikan diri sendiri dan hanya akan merugikan isi dompet Anda di akhir bulan bahkan belum tentu bisa bertahan sampai akhir bulan.

Walaupun Anda memiliki uang saku dan dalam keadaan keluarga yang berada maka jangan sampai melakukan pemborosan dalam berbelanja. Hidup hemat tidak ada salahnya. Sebaiknya Anda berbelanja dalam kadar yang wajar saja dan sesuaikan dengan kebutuhan pokok saja. Maka dengan begitu, Anda akan merasakan manfaatnya dengan berhemat.

Masak di Kos Sendiri

Poin selanjutnya, keempat, sebaiknya Anda masak sendiri di kos. Anda hanya perlu modal untuk memasak nasi sendiri dan membeli beberapa bahan yang digunakan untuk memasak. Ini merupakan salah satu solusi paling tepat saat Anda hendak memilih untuk berhemat.

Daripada Anda harus memesan ojek online atau makan di luar hanya akan lebih boros jika dibandingkan dengan membeli bahan masakan dan memasak sendiri di dapur kos.

Terutama jika Anda sudah memiliki penanak nasi dan kompor. Jika memang suatu kondisi kos dan waktu yang tidak cukup maka Anda bisa hanya memasak nasi saja dan sisanya Anda tinggal membeli sayur atau lauk di warung makan. 

Kemudian, jangan lupa bahwa Anda atur ulang dan catatlah semua pemasukan dan pengeluarannya. Selain itu bisa juga atur ulang pengeluaran bulanan Anda.

Menambah Penghasilan untuk Uang Saku Tambahan

Kemudian yang terakhir, kelima, tidak ada salahnya menambah uang penghasilan dengan cara menjual barang atau produk dagangan. Jika Anda memang pandai memasak tidak ada salahnya menjual hasil masakan Anda, baik itu kue atau makanan nasi kotak atau apapun ide kreasinya.

Selain itu bisa juga menjual barang dalam bidang fashion dengan menjadi reseller dan masih banyak ide lainnya untuk berjualan.

Namun, perlu dicatat, jangan terlalu fokus melakukan tambahan penghasilan, sebab Anda juga sedang dalam masa studi di perguruan tinggi. Jangan sampai mengganggu waktu belajar dan kewajiban Anda sebagai mahasiswa dan juga kewajiban Anda sebagai pelajar dan tujuan Anda merantau ke luar kota. 

Demikian semoga bisa diikuti dan semoga bermanfaat!