Langkah Mudah Kelola Budget Bulanan untuk Karyawan Gaji UMR


Kondisi ekonomi yang tidak menentu seperti sekarang ini tentu menjadi beban bagi banyak orang. Harga kebutuhan pokok terus mengalami kenaikan, budget pengeluaran bulanan pun jadi terkena imbasnya. 

Apalagi untuk orang-orang yang digaji sesuai UMR (Upah Minimum Regional). Tanpa adanya kenaikan harga pada berbagai kebutuhan pokok pun, tidak mudah untuk bisa atur keuangan dengan baik. 

Nah, di bawah ini ada beberapa langkah mudah untuk kamu yang kesulitan kelola budget bulanan dengan gaji UMR. 

5 Tips Atur Budget Bulanan untuk Gaji UMR

Jika kamu bisa mengelola keuangan dengan baik, maka banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh. Selain kebutuhan bulanan bisa tercukupi dengan mudah, kondisi finansialmu juga pasti akan semakin membaik. Berikut 5 tips mudah kelola budget bulanan yang bisa kamu terapkan.

  • Buat Pos-pos Pengeluaran

Tips pertama yang bisa kamu lakukan yaitu membagi penghasilan bulanan ke dalam pos-pos pengeluaran. Kamu bisa membuat anggaran dan menyesuaikannya dengan kebutuhamu tiap bulan. Karena kebutuhan masing-masing orang pasti  berbeda. 

Pos pengeluaran bisa kamu bagi ke dalam empat kategori yaitu kebutuhan pokok, kewajiban (utang atau cicilan), hiburan dan investasi. Kamu bisa menentukan persentasenya sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. Contoh yang paling sederhana yakni :

  • 40% untuk kebutuhan pokok sehari-hari (biaya makan, transportasi, listrik, dll)
  • 30% untuk membayar cicilan atau utang (KPR, kredit mobil, kartu kredit, dll)
  • 20% untuk tabungan maupun investasi
  • 10% untuk hiburan (menonton bioskop, hangout, liburan)

  • Rutin Evaluasi Pengeluaran

Langkah selanjutnya kamu bisa melakukan financial check up untuk mengetahui bagaimana kondisi keuangamu selama ini. Dengan cara tersebut, kamu bisa melakukan evaluasi apakah ada pengeluaran yang terlalu besar atau membengkak. Sehingga untuk menentukan langkah yang tepat selanjutnya akan jauh lebih mudah.

Agar kamu bisa mengevaluasi kondisi keuanganmu, maka dibutuhkan catatan penghasilan dan pengeluaran yang rinci. Untuk itu, sebaiknya catat setiap pengeluaran maupun penghasilanmu secara rutin dan sedetail mungkin. Pastikan bahwa tidak ada yang terlewat agar kamu tidak kesulitan saat ingin melakukan financial check up. Manfaatkan aplikasi pengatur keuangan untuk lebih mudah melakukan evaluasi secara bulanan, mingguan maupun harian.

  • Hindari Utang Konsumtif

Alangkah lebih baiknya jika kamu menghindari utang-utang yang sifatnya konsumtif seperti kartu kredit. Atau pay later, metode pembayaran yang sekarang sedang sangat populer di kalangan masyarakat 

Baik kartu kredit maupun pay later, keduanya termasuk utang konsumtif yang biasanya digunakan untuk membelanjakan barang-barang yang tidak terlalu penting atau urgent. Dan barang tersebut juga tidak bermanfaat untuk kamu kedepannya. 

Maka dari itu, sebaiknya pikirkan terlebih dahulu jika ingin menggunakan gajimu. Akan jauh lebih baik apabila barang-barang itu bisa menambah nilai untuk masa depanmu bukan hanya untuk menuruti gengsi semata. Misalnya, jika kamu seorang editor foto, tak masalah jika kamu mengangsur laptop yang kompatibel untuk edit foto.

  • Biasakan Hidup Hemat

Hal yang paling penting untuk bisa kelola keuangan dengan baik yaitu menghemat pengeluaran. Ada kalanya kamu pasti ingin membelanjakan uang dengan dalih self reward. Memberikan penghargaan pada diri sendiri setelah bekerja keras setiap harinya. Misalnya, membeli smartphone keluaran terbaru, makan di restoran mahal, atau membeli barang branded yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah.

Sebenarnya itu bukan hal yang salah hanya satu dua kali saja dan tidak melebihi budget yang sudah ditetapkan. Maka dari itu, kamu harus lebih bijak agar bisa menggunakan uang sesuai anggaran yang sudah kamu buat. Dan sebisa mungkin hindari kebiasaan yang sifatnya menghamburkan uang atau cenderung boros. Jangan sampai pengeluaranmu lebih besar dari penghasilan.

  • Prioritaskan Dana Darurat

Meskipun gajimu UMR, namun bukan berarti kamu tidak perlu memikirkan dana darurat. Karena dana darurat akan sangat membantumu di saat kamu membutuhkan uang untuk mencukupi kebutuhan yang sifatnya urgent.

Kamu tidak tahu kejadian apa saja yang mungkin bisa terjadi nanti. Nah, di sinilah dana darurat bisa menjadi back up jika kamu sedang membutuhkan sejumlah uang. 

Agar lebih aman, minimal dana darurat yang harus kamu miliki yakni sebesar tiga kali pengeluaran. Untuk itu, mulai sekarang sebaiknya biasakan diri konsisten menabung atau berinvestasi. Jangan terlalu fokus pada nominal yang bisa kamu sisihkan untuk ditabung, lakukan saja secara rutin dan konsisten.

Itulah 5 langkah yang mungkin bisa kamu terapkan agar budget bulananmu terkontrol dengan baik meskipun gaji hanya sebatas UMR. Selain tips di atas, kamu juga bisa mencari penghasilan tambahan agar kamu tidak bergantung pada gajimu saja. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membuatmu semakin semangat untuk kelola gaji bulanan !