Tips Agar Bisa Memiliki Dana Pensiun di Usia Muda


Pensiun merupakan suatu hal yang sudah pasti terjadi pada semua orang. Habisnya masa produktif berarti habis juga masa kita untuk bekerja. Tetapi sebelum hal tersebut terjadi  kita harus mempersiapkannya terlebih dahulu agar terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan di masa tua nanti. Umur rata rata orang pensiun adalah 57 tahun. Dan selama 57 tahun tersebut semua orang harus giat bekerja, yang terkadang menimbulkan kelelahan dan kebosanan. Untuk itu banyak orang yang ingin pensiun muda agar terbebas dari penatnya bekerja tersebut. 

Pensiun muda sebelum umur 57 tahun sebenarnya dapat saja dilakukan jika kita sudah mempersiapkannya. Salah satu hal yang harus kita persiapkan untuk dapat melakukan pensiun di usia muda adalah dana pensiun. Dana pensiun ini harus kita miliki sebelum kita memutuskan untuk benar benar pensiun di usia muda. Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan dana tersebut.

Tips Agar Bisa Memiliki Dana Pensiun di Usia Muda

Tentukan Target Di Usia Berapa Kamu Akan Pensiun

Menentukan pada usia berapa kamu akan pensiun adalah hal yang harus kamu pikirkan dengan matang. Menentukan usia untuk pensiun merupakan hal yang harus dilakukan sebelum kamu dapat merencanakan kebutuhan untuk pension. Diperhitungkan dengan matang , jangan sampai kamu mengalami kesalahan yang akan berdampak buruk untuk hari tuamu nanti.

Menentukan usia untuk pensiun juga harus kamu lakukan sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Jangan hanya karena keinginan, kamu nekat dan melakukan berbagai cara di luar kemampuan yang kamu miliki. Setelah mendapatkan target usia untuk pension kamu juga harus memikirkan rencana kedepannya mengenai dimana kamu akan tinggal, dan kegiatan apa saja yang dapat kamu lakukan setelah kamu memutuskan untuk pensiun. 

Hitung Dana Pensiun Yang Dibutuhkan

Selanjutnya dalam menghitung dana yang akan kamu butuhkan selama pension adalah hal yang harus kamu hitung dengan sebaik mungkin. Buat perkiraan dana yang kamu butuhkan selama pension nanti. Dana dana tersebut meliputi dana untuk kebutuhan kamu sehari hari dan jika kamu telah memiliki pasangan, diskusikan bersama pasangan mu mengenai dana tersebut. 

Jangan sampai perhitungan yang telah kamu buat berbeda dengan apa yang dibutuhkan pasangan mu nanti nya. Menghitung dana pensiun bersama pasangan juga untuk menghindari dana diluar dugaan. Dana diluar dugaan ini juga harus kamu hitung dengan baik, karena kita semua pasti tidak tahu apa yang bakal terjadi nantinya di depan sana.

Sebelum memutuskan untuk pensiun, pastikan kamu sudah tidak memiliki hutang

Mulai sekarang catatlah semua hutang yang kamu miliki, baik yang paling besar seperti hutang di bank sampai hutang yang paling kecil seperti hutang di warung tetangga sekalipun. Jangan sampai kamu lupa untuk melunasi semua hutang tersebut sebelum kamu memutuskan untuk pensiun. 

Hutang hutang yang kamu miliki ini jika tidak dilunasi sebelum pensiun nantinya akan mengganggumu di masa pensiun. Parah nya lagi bukan pension dengan tenang yang kamu dapatkan, terlilit hutang saat sudah tidak bekerja maha dapat terjadi nanti nya. Untuk itu, selain melunasi hutang yang kamu miliki menghindari hutang adalah hal yang harus kamu lakukan. Karena jika hutang yang kamu miliki terlalu banyak, maka memiliki dana pensiun di usia muda akan lebih sulit untuk dilakukan. 

Miliki Tabungan Pensiun

Untuk memiliki dana pensiun di usia muda, berarti kamu harus mempersiapkannya sedini mungkin. Mulailah menyisihkan pendapatan bulanan mu sedari awal bekerja. Jangan sampai kamu menunda untuk menyisihkan uang dengan alasan dapat dilakukan esok. Kebiasaan untuk menunda adalah hal yang harus kamu hindari jika kamu benar benar ingin memiliki dana pensiun di usia muda. 

Selain dari gaji bulanan mu, kamu juga dapat menambah tabungan dengan melakukan pekerjaan tambahan. Banyak pekerjaan tambahan fleksibel yang dapat kamu coba untuk menambah dana pensiun tersebut. Selain dengan melakukan pekerjaan tambahan kamu juga bisa mempersiapkan dana pensiun dengan memiliki asuransi pensiun. 

Siapkan Juga Dana Darurat Untuk Kesehatan

Masalah kesehatan adalah masalah yang tidak pernah bisa diperkirakan. Terlebih saat nanti kamu sudah berusia lanjut. Usia lanjut inilah masa masa paling rawan muncul nya penyakit. Untuk  itu kamu harus mempersiapkan dana khusus untuk kesehatan. Karena telah kita ketahui bersama dana untuk kesehatan adalah dana yang paling besar. Untuk itu dengan memilih sendiri dana darurat untuk kesehatan maka nanti jika kamu sakit kamu tidak perlu lagi memikirkan biaya untuk perawatan.

Buat Rencana Pengelolaan Dana Setelah Pensiun

Terakhir kamu harus memikirkan dan membuat rencana mengenai pengelolaan dana yang akan kamu lakukan setelah pensiun nantinya. Dana pensiun yang kamu miliki harus dikelola secara maksimal agar kamu lebih tenang untuk menjalani kehidupan setelah pensiun. Kamu dapat melakukan usaha kecil kecilan agar dana tersebut tetap berputar dan kamu juga tetap beraktifitas dengan santai. Dengan memiliki usaha juga akan membuatmu terhindar dari kebosanan setelah pensiun.